Ketika kamu kehilangan dan atau mengalami perpisahan…

Kehilangan identik dengan perpisahan, begitu pula sebaliknya, meski secara harfiah berbeda makna. Kehilangan, sebagai kata benda bermakna hal hilangnya sesuatu atau kematian, dan sebagai kata kerja bermakna menderita sesuatu karena hilang. Perpisahan, sebagai kata benda bermakna hal berpisah atau perceraian yakni tidak berhubungan, tidak rapat, tidak berdampingan, dan sebagainya. Namun, kedua kata tersebut menjadi terasa erat, karena pada umumnya menyebabkan derita, susah hati bagi makhluk yang mengalaminya.

Entah kata yang mana yang cocok menggambarkan kejadian yang saya alami belum lama ini. Tapi rasa yang ditimbulkan sama, rasa susah dalam hati. Karena bukan benda, melainkan manusia, yang hilang atau berpisah dengan saya.

Saya hanya percaya bahwa setiap peristiwa yang terjadi dalam hidup ini atas kehendak Tuhan. Ketika Tuhan memberimu sesuatu, ingatlah bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini adalah milikNya. Sebagai manusia, kita harus mengucap syukur atas pemberianNya dengan cara menjaga, merawat, dan mengasihinya dengan sepenuh hati. Namun, manusia juga harus mampu tetap mengucap syukur dan merelakannya apabila suatu saat Tuhan mengambilnya kembali.

Meski raganya mungkin tak lagi di sisi, namun jiwanya akan selalu di hati, dengan doa setiap hari. Karena doa menghubungkan sesuatu yang jauh, melintasi ruang dan waktu. Dan Tuhan mendengar doa orang percaya, doa yang tulus dan penuh kasih.

Semuanya memang tidak pernah instan, perlu proses yang mungkin tidak sebentar. Oleh karena itu, saya menikmatinya dengan penuh ucap syukur dan pasrah sempurna. Sambil terus mengingat bahwa Tuhan bekerja dengan cara yang sering tidak kita pahami untuk menyatakan bahwa kasihNya sungguh dan tetap.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s