Bukan Kalah Bukan Menang

Menang kalah di perlombaan itu biasa. Tapi kalau menang kalah dalam sebuah relasi antar manusia? Tanda tanya buatku.

Gimana sih rasanya kamu kalah sama seseorang dan itu ga cuma sekali? Geregetan ga sih? Sedih dan kecewa ga sih? Kalo itu terjadi dalam perlombaan, aku bakal berusaha sedemikian rupa ngumpulin score tertinggi biar bisa menang. Tapi kalau itu terjadi dalam sebuah relasi antar manusia kan ga bisa tuh pake cara scoring. Mau aku berusaha juga ga ngefek, masalahnya itu nyangkut sama perasaan masing-masing orang, ga ada jaminan score yang adil di situ. Dalamnya lautan bisa dihitung, tapi dalamnya hati siapa yang tau *maksa ga nyambung biarin

Aku tau kalau seharusnya sebuah hubungan ga boleh dibandingin sama sebuah perlombaan. Ga ada rumus menang kalah dalam menjalin sebuah hubungan. Tapi dengan segala kelemahan dan keegoan manusia, pernah ga sih kalian ngerasa gitu? Atau cuma aku aja yang terlalu egois? -.-

Sempat merenung cari jawabannya. Ga ketemu sih sebenernya. Tapi paling ga aku uda punya alasan buat ga berlarut-larut dalam hal ini.

Kalau dibilang egois, iya. Bukankah dasar setiap relasi antar manusia itu kasih. Jadi jangan pernah berharap diberi ataupun dibalas. Belajarlah memberi tanpa pamrih. Kalau kita sudah bisa mengasihi dengan tulus, dijamin deh kita bakal ceria di segala suasana.

Jadi aku ambil hikmahnya aja deh. Mungkin ini teguran buatku yang sampai sekarang belum bisa mengasihi dengan tulus sepertiNya. Masih aja banyak egoisnya. Sambil belajar juga menjadi pribadi yang penuh kasih dalam menjalin relasi dengan sesama, seperti yang uda Ia ajarkan. Jadi inget ayat tentang kasih di I Korintus 13 : 1-8🙂

So bukan kalah dan bukan menang tapi ajakan buat semakin mengasihi. Mari berbagi kasih❤

curcolan sore yang ga nyambung tapi lega..

4 thoughts on “Bukan Kalah Bukan Menang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s