2010? Kutuan?

Konyol memang. Tapi aku benar-benar mengalaminya belum lama ini. Sekitar 1 bulan yang lalu. Terjangkit KUTU RAMBUT!

Aku ga tau kenapa tiba-tiba aku bisa terjangkiti makhluk aneh itu. Padahal rambut adalah bagian tubuh yang paling kurawat. Rajin banget deh kalo suruh keramas. Pake conditioner, tonik rambut, dan segala macamnya itu.

Ternyata eh ternyata setelah googling. Stigma rambut orang yang malas mandi, malas keramas sebagai tempat berkembang biaknya kutu rambut ternyata kurang tepat. Kutu rambut sangat menyukai rambut dan kulit kepala yang bersih.

Kutu rambut (head lice), hewan kecil yang suka menjalar di helaian rambut itu termasuk golonga parasit. Kutu rambut berkembang biak dengan cara bertelur. Kutu rambut menempatkan telurnya di kulit kepala penderita. Kutu rambut tesebut tidak suka terbang dan tidak dapat melompat. Mereka pindah dari kepala satu ke kepala yang lain saat dua kepala tersebut berdekatan, misalnya saat berjalan bersama-sama dengan pembawa kutu rambut. Kutu rambut tersebut membutuhkan kondisi yang hangat untuk bertahan hidup. Sehingga tidak heran negara tropis menjadi surga para kutu!

Rasanya sedih banget campur jijik. Kaya terjangkit virus yang berbahaya dan mematikan. Hehehe lebay. Yang jelas sih rasanya gatelnya bukan main rambut dan kulit kepalaku. Aku sampai mengurung diri seharian di kos. Takut ketemu orang trus nularin mereka.

Dan cara menghilangkan kutu yang tepat itu demikian teman :

  1. Memberikan obat penghilang kutu rambut
  2. Lalu menyisirnya dengan menggunakan sisir khusus (serit)

Namun, ada beberapa bahan yang seringkali kita temui di rumah yang dapat digunakan untuk membantu menghilangkan si kutu rambut. Seperti cuka putih, mayonaise (original), minyak zaitun.

Pilih salah satu bahan di atas, jangan gunakan secara bersamaan. Oleskan ke kulit kepala, lalu tutup dengan shower cap kemudian diamkan selama 6-12 jam. Selanjutnya, sisir rambut dengan menggunakan sisir khusus untuk menghilangkan kutu rambut. Kemudian keramas seperti biasa dan bilas kepala hingga bersih. Ulangi perawatan ini hingga kulit kepala bebas dari serangan kutu rambut.

Waktu itu aku pake peditox. Maaf sebut merek. Hehehe.. Setelah perjuangan semalaman ditutup shower cap akhirnya berhasil. Aku bebas kutu! Senengnya gila tak terungkapkan. Hidup peditox! Walaupun rambutku jadi bau peditox, yang menyengat banget. Hiyeekk. Tapi gapapa yang penting ga kutuan. Yipiee..!

Dan langkah selanjutnya membersihkan kamar dan mencuci semua perabotan yang ada. Walaupun kutu cuma bertelur di kulit kepala tapi tetep takut kemungkinan disana ada telur kutu dan antek2nya. Hii ngeri..

Sudah cukup sekali ini aja deh. Ga mau lagi. Amin. Semoga musibah ini tidak menular pada kalian ya. Atau kalo yang uda pernah, ya jangan sampe kena lagi. Aku tau rasanya😦

6 thoughts on “2010? Kutuan?

  1. Ahahaha, saya juga begitu,
    Saya gak tau ketular dari siapa,
    Ampe jijik ama diri sendiri,
    Tapi cara itu semua udah saya gunain sis tapi tetep gak. Berhasil -___-“

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s